Komputer Hidup Sebentar Lalu Mati Kembali


Pernakah anda mengalami komputer (cpu)  hidup sebentar lalu mati kembali ?. Jika pernah, maka sama dengan problem saya yang akan dibahas pada update kali ini. Kemarin, saat di kampung saya meng-install komputer rumah. Ketika proses install mencapai 80%, yaitu saat komputer (cpu) Booting. Tiba - tiba komputer saya mati sendiri seperti kehilangan power. Saya ulang hidupkan  sampai beberapa kali hasilnya tetap sama, hidup hanya beberapa detik lalu mati kembali. sesuai jiwa teknisi. Yang saya lakukan menurut insting saya adalah :



    • Mengencangkan kabel - kabel pada cpu, baik itu kabel IDE, power, dan juga mengencangkan slot PCI/AGP,VGA, memori tak lupa membersihkan pin kuningan dengan penghapus. Dan hasilnya ? masih nihil.
    • Lalu saya coba untuk memasang hanya satu (1) device, dan mencobanya satu persatu seperti hanya menghubungkan hardisk lalu menghidukannya. Kalau tidak hidup, dicoba dengan device lainnya seperti VGA, DVD - ROM dan lainnya. Dan hasilnya ? masih nihil juga.
    • Kemudian saya menuju sistem power, antara baterai CMOS, stabilizer, UPS atau power supply.kemudian saya belilah baterai CMOS seharga 5000 rupiah, setelah dicoba masih tidak bisa.dengan stabilizer yg berbeda blm bisa juga.Dan yang  terahir saya membeli power supply seharga 90ribu rupiah seri ATX. Setelah diganti dengan yang baru. dan saya hidupkan.
      Alhamdulillah, hidup seperti sedia kala. Namun masih dalam mode peng-installan.

Dan kesimpulan dari permasalahan yang saya hadapi adalah untuk men-cek power supply terlebih dahulu untuk setiap problem yang dialami barang elektronik kita. Entah itu problem hanya masalah kabel power yang tidak kencang atau yang lainnya.
Terima Kasih telah berkunjung semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. kasusnya mirip dengan komputer saya ..... malah cuman hidup 1 detik saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga pernah nih ngalami kyk begini,tapi untuk dah normal :D
      thanks kunjungannya ^_^

      Delete