Tut Mewarnai Gambar Manga dengan Photoshop

 Sebelum mulai,download dulu bahannya:
STEP 1
Siapkan gambar manga atau komik, boleh buat sendiri atau searching sama Om Google juga banyak. Untuk tutorial ini saya gunakan gambar Lineart naruto.Ingat, gambarnya harus Hitam-Putih.


STEP 2
Buka Photoshop,kemudian masukkan gambar yang ingin diwarnai. Mula-mula rubah mode Image-nya menjadi RGB agar nantinya dapat di-edit dengan semua warna yang kalian inginkan. Pilih menu Image>Mode>RGB color.

STEP 3
Duplikat layer aktif dengan meng-klik kanan layer Background kemudian pilih Duplicate layer. Layer baru akan bernama Background copy/layer 1.

STEP 4
Pada layer1 rubah mode layer menjadi Multiply, klik tanda panah pada tab layer yang tadinya Normal kemudian pilih Multiply.

STEP 5
Sekarang mulai proses pewarnaan. Buat layer baru di antara layer "Background" dan "layer 1". Beri nama layer tersebut dengan nama “coloring”. Ingat, layer harus berada diantara layer Background dan Background copy, kalau tidak gambar dasar hitamnya bisa ikut kewarna.

STEP 6
Aktifkan "layer 1" dengan meng-klik layer tersebut, kemudian gunakan tool Magic Wand tool(jika belum tau tentang tool" yg ada pada Photoshop,silahkan menuju link ini:Fungsi Tool-tool pada Photoshop),select area rambut.Gunakan Shift + klik untuk menyeleksi bagian yang berbeda.Masih dalam mode select,aktifkan kembali layer "Coloring" dengan cara meng-klik layer tersebut,pilih warna yang kalian inginkan untuk rambut(kode warna rambut naruto:#ffcc00),kemudian tekan Alt + Backspace(yg ada di atas enter).Rambut Naruto pun berubah warna.

STEP 7
Hilangkan seleksi dengan klik menu Select>Deselect atau Ctrl + D.

STEP 8
Setelah selesai dengan proses mewarnai rambut, langkah selanjutnya adalah mengunci layer "Rambut" tersebut agar ketika proses pewarnaan lainnya di jalankan tidak akan mempengaruhi hasil layer "Rambut" yang sudah di kerjakan tadi. Caranya, klik icon "Lock Transparent Pixels" pada tab layer dan tanda gembok kecil pun akan muncul yang menandakan layer telah terkunci. Kalian bisa membuka kunci layer tersebut dengan meng-klik icon yang sama jika ingin merubah warna rambut atau merapikan kembali warna kapan saja.

STEP 9
Selanjutnya dengan warna yang lebih gelap, gunakan Brush tool (B) untuk membuat bayangan atau shadow pada rambut agar terlihat lebih mantap.Gunakan juga metode yang sama untuk membuat Highlight atau pantulan cahaya dengan warna yang lebih terang.

STEP 10
Setelah selesai dengan rambut, lakukan hal yang sama (step 5-9) untuk "Kulit," "Ikat kepala" dan "Mata" atau bagian lainnya. Jangan takut jika hasil seleksi kalian melewati batas seperti gambar dibawah. Kalian dapat membereskannya dengan menggunakan Eraser tool (E) dan Brush tool (B). Dan selalu ingat agar mengunci layer setelah selesai mewarnai agar tidak mempengaruhi bagian yang lainnya.

Nih hasilnya,dan jika ada yg mau code warna nya ada di gambar di bawah ini:
Dan selesai
Jika agan ada pertannyaan,jgn sungkan untuk bertannya ^^
Wasalam

(peringatan keras,jika ingin mengcopy tutorial dari saya,silahkan letakan sumber blognya dari saya,cth:"sumber:logikasemua.blogspot.com",terimakasih)

21 komentar:

  1. gan, punya gambar manga yg lain gk selain naruto ??

    ReplyDelete
  2. serch di mbah google banyak gan
    cari di mbah google:lineart sasuke(anime apayg agan mau?)

    ReplyDelete
  3. keren sob, tentang photosop, bisa sering2 mampir nih buat nambah ilmu :D

    ReplyDelete
  4. thanks telah berkunjung @AreGalank Comunity :D

    ReplyDelete
  5. Blogger anda mantap semua tentang photoshop thx visit nya :D

    ReplyDelete
  6. owongan Kerja ! saya Dibutuhkan tenaga kerja
    minimum lulusan SMK maksimum S1 jurusan Multimedia. Persyaratan Graphic Designer - Perempuan / Laki-laki - Usia antara 20thn - 50thn - Menguasai Photoshop (komik Jepan getc)

    Silakan hubungi: 0821-2325-4008, 021-9765-2541

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane masih SM :3
      berarti ane nga bisa :D
      thanks atas kunjungannya sob :)

      Delete
  7. masih kagak paham sama step 6 nya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baca ulang,dan pahami sob,insyallah sobat ngerti dah

      Delete
  8. sy ambil contoh Naruto ambil di google, ketika mau coloring rambut sy select dg ctrl + klik tp yg terselec bukan rambut tapi semua gb satu kotak. Kenapa? ada yg salah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ctrl klik nya di gambar orinya ya gan, bukan di new layer,coba cek lagi

      Delete
  9. mantap gan...maturtengkyu ilmunya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih juga ya gan. sering-sering datang ke blog ane.

      Delete
  10. Gan di Adobe PS cs 6 gimana cara masukin kode warnanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klik di sudut bawah kiri gan, ada warna kotak warna hitam putih klik kotak yg paling atas, klik dan paste kode warnanya disitu

      Delete
  11. Gan kalo mau mewarnai tiap bagiaannya harus mengulangi langkah 5 tah?

    ReplyDelete
  12. mantap gan postingnanya ane junga masih bingung sebenernya dalam pemilihan warna yang tepat buat gambar ane

    ReplyDelete
  13. min kalo gambarnya pake gambar dr internet caranya sama juga kah???

    ReplyDelete