Tutorial efek teks lampu dengan photoshop



efek teks lampu
Bagaimana sih cara membuat efek teks lampu yang menyatu dengan bola lampu? pada tutorial ini kita akan belajar cara membuatnya dengan menggunakan kekuatan dari Blend modes pada panel layer.

Salah satu blend mode yang paling penting membuat teks efek ini adalah Color dodge, efek teks ini sangat mudah kita buat dengan hanya mengandalkan pengetahuan dasar tool-tool yang ada pada photoshop.

Preview Desain

Dibawah ini adalah gambar desain yang akan kita buat.
efek teks lampu

Detail tutorial

  • Tingkat kesulitan : Pemula
  • Software yang digunakan : Adobe Photoshop CS 6 (bisa semua versi)
  • Materi yang dipelajari :
  • Lama pembuatan : 20 Menit

Resource

Tutorial Photoshop

Langkah 1 : Membuat lembar kerja baru

Buka photoshop yang telah terinstall pada komputer kamu. Lalu buat document baru dengan menekan Ctrl + N atau File > New dan buat lembar kerja yang cukup besar dan isikan dengan warna hitam.
black

Langkah 2 : Menambah bola lampu

Agar efek teks ini lebih realistik mari kita menambah sebuah foto bola lampu yang telah saya sediakan dibagian resource. Buka foto tersebut dan tarik ke lembar kerja yang telah kita buat pada langkah 1.
menambah bola lampu
Jika terlalu besar, perkecil sedikit gambar lampu tersebut. Caranya dengan memilih Edit > Free transform lalu tarik titik-titik diujung lampu.

Langkah 3 : Menghilangkan sedikit bagian lampu

Pilih menu Layer > Layer Mask > Reveal All untuk menambah mask pada layer bola lampu lalu pilih Brush tool pada toolbox dan buat brush lembut dengan warna foreground hitam. Lalu brush bagian samping-samping lampu seperti gambar berikut.
Menghilangkan bagian lampu

Langkah 4 : Menghapus kawat pijar

Sekarang kita akan menghapus kawat pijar yang ada pada lampu tersebut. Buat layer baru diatas layer lampu pada panel layer. Pilih Eyedropper Tool pada toolbox photoshop dan seleksi warna orange yang ada pada sekitaran kawat pijar lalu pilih brush tool dengan brush lembut (hardness 0%) untuk menghilangkan kawat pijar yang akan kita gantikan dengan teks nanti.
Menghapus kawat pijar

Langkah 5 : Menambahkan teks

Setelah kawat pijar terhapus, kita akan menambahkan teks. Pilih Horizontal Type Tool dan ketik “light” dengan font yang telah saya sediakan pada kolom resource.
Buat folder baru pada panel layer dan ubah blend mode folder tersebut menjadi Color Dodge. Masukkan layer teks yang telah kita buat kedalam folder tersebut.
Menambah teks pada photoshop
Pilih layer teks, lalu pilih menu Filter > Blur > Gaussian Blur. Disini saya memilih 4 pixels Radius untuk memblur sedikit layer teks.
Gaussian blur photoshop
efek teks lampu

Langkah 6 : Menambah efek pada teks

Buka gambar Eclipse yang telah tersedia dibagian resource, lalu masukkan dan tempatkan diatas folder teks yang telah kita buat untuk menambah lens flare asli dari sebuah gambar.
Pilih menu Image > Adjustments > Desaturate untuk membuatnya menjadi hitam putih dan hapus bagian yang tidak penting dengan Erase tool lembut.
Menambah efek lens flare
Ubah blend mode gambar eclipse tersebut menjadi Screen sehingga warna hitam otomatis akan hilang dan menghasilkan gambar yang bagus seperti berikut.
Menambah efek lens flare

Langkah 7 : Menambah efek

Tekan D pada keyboar untuk mengeset warna foreground menjadi hitam dan background menjadi putih. Lalu layer baru dan pilih menu Filter > Render > Clouds sehingga akan terbuat foto clouds hitam putih.
Ubah lagi blend mode layer ini dengan Color Dodge. Buat lagi sebuah folder pada panel layer dan masukkan layer yang telah kita beri efek Render clouds ke folder ini. Lalu ubah Blend mode folder yang berisi layer Clouds menjadi Overlay.
Efek render clouds
Masih pada folder yang sama, buat layer baru (Ctrl + Shift + Alt + N) dan tempatkan dibawah layer Clouds yang barusan telah kita buat. Pilih brush tool dan setting dengan hardness 0%. Buat warna foreground menjadi #f5d38b dan warnai untuk menambah kesan bercahaya pada teks. Ubah juga Blend mode layer ini menjadi Overlay.
Efek render clouds
Buat lagi layer baru diatas semua layer. Pilih brush tool dan setting menjadi brush besar dengan hardness 0% dengan warna putih sebagai foreground. Gambarkan spot putih ditengah-tengah efek teks tersebut lalu pilih Layer > Layers Styles > Color Overlay. Pilih warna menjadi #ffd648 dan Linear Burn agar cahaya lampu lebih kuat.
Berikut hasil yang telah kita buat dengan mengikuti tutorial ini.
efek teks lampu
sekian artikel dari saya,jika ada step yg kurang dimengerti,silahkan berkomentar.sumber
terimakasih yg sudah berkunjung ke blog sederhana ini, wasalam.

8 komentar:

  1. wiww mastah... keren banget jadinya rasanya ingin mencoba!! sipp tingkatkan kreatifitasmu ya dick :D

    ReplyDelete
  2. Wah keren nih, lumayan buat nambah wawasan, tapi kayaknya pernah liat di PSDesa*n, follow dan komeng back blog ane pak :)
    http://voiceforsgppl.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan,ini tutor memang dari PSDesain, kan ane udah buat sumbernya :)
      thanks for visit :3

      Delete
  3. kebetulan sekali sob, aku lg belajar photoshop nih, tp aku msh sedikit bingung sob, perlu dibaca berulang nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke sob,silahkan di teliti lagi tutornya :3 semoga bermanfaat :D
      thanks for join

      Delete